BONDOWOSO – Bupati Bondowoso Amin Said Husni, meminta kepada tokoh masyarakat agar turut berperan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dia ingin agar tokoh masyarakat juga ambil andil dalam meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) lewat memberikan pemahaman tentang dampak negatif pernikahan di usia dini, yang selama ini menjadi pemicu tingginya angka kematian ibu dan anak saat proses persalinan.

“Saya meminta agar terus mendorong untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Karena ini menentukan IPM kita. Masalahnya, sekarang masih relatif tinggi angka kematian ibu dan anak saat proses persalainan,” pinta Bupati Amin saat menghadiri Forum Silaturahmi Tomas, Toga dan Masyarakat Dengan Formimda Bondowoso di PP. Nurul Hidayah Koncer Kidul, Tenggarang, Kamis (15/3).

Baca Juga : Ady Kriesna: Pasar Induk Harus Jadi Ikon Bondowoso

Amin menjelaskan, bahwa dalam hal tersebut peran Tomas sangat diperlukan. Lantaran selain bersinggungan langsung dengan masyarakat, Tomas adalah sosok yang disegani yang dinilai mampu memberikan petuah keagamaan maupun kultur budaya positif yang selaras dengan hajat pembangunan daerah.

“Karena persoalan itu menyangkut kultur budaya di tengah-tengah masyarakat. Tentu akan amat terbantu manakala seluruh Tomas di seluruh pelosok untuk mendorong turut membantu,” tambah Bupati Amin.

“Masih ada persalinan melalui dukun beranak tanpa bantuan bidan. Selain itu juga tak kalah pentingnya adalah karena pernikahan dini yang sangat mempengaruhi faktor kesehatan reproduksi,” pungkas Bupati Amin. (abr)