Share

BONDOWOSO – Bupati Bondowoso, Amin Said Husni mengatakan, bahwa menurut Undang-Undang No. 17 Tahun 2013 tentang Ormas, ormas merupakan organ yang sangat penting dalam mempermudah kerja pemerintah dalam mencapai tujuan negara. Mereka dapat menjadi agen pemerintah dalam melaksanakan program, terutama dalam konteks pemberdayaan masyarakat.

“Dalam UUD tentang Ormas, ormas memili tujuan untuk membantu tercapainya tujuan pembangunan nasional. Mulai mengurusi isu di tingkat nasional hingga ditingkat kampung,” pesan Bupati Amin dalam acara sosialisasi pemberdayaan ormas di Pendapa Bupati, Selasa (7/8).

Bupati Amin menjelaskan, bahwa secara umum, cangkupan peran ormas sangatlah luas. Oleh karena itu, dengan segala macam jenis ormas dan segala macam aktifitasnya, orientasi kegiatannya harus bermuara kepada upaya membantu pembangunan.

“Ormas dalam pengertian yang umum, spektrumnya sangat luas. Mulai Ormas keagamaan, seperti MUI, NU dan Muhammadiyah hingga pada organisasi tingkat kampung. Semua aktifitasnya harus bermuara kepada pembangunan nasional. Mulai menaggapi isu nasional hingga kampung,” paparnya.

Bupati dua periode itu berharap kepada seluruh ormas di Bondowoso, agar apa pun macam orientasinya dapat disinergikan dengan program pembangunan pemerintah.

Bupati Amin menegaskan, bahwa semuanya tidak harus selalu menjadi mendukung. Ormas juga bisa menjadi sebagai kontrol sosial, terpenting tetap sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembangunan.

Pemerintah, lanjutnya, juga harus melakukan pengawasan yang bersifat konstruktif dan akomodatif. Ini perlu dilakukan agar terjalin hubungan yang harmonis antara ormas dan pemerintah.

“Sehingga sinergi dengan pemerintah bisa lebih kuat dan dapat memberikan manfaat yang besar lagi kepada masyarakat,” tukasnya. (abr)