BONDOWOSO –  Kemeriahan tampak di acara  pembukaan Bondowoso Open Marching Festival (BOMF) Kapolres Cup III tahun 2018 yang di gelar di GOR Pelita Bondowoso, Selasa (6/3). Sebanyak 39 tim Marching Band dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan Umum berlomba mengikuti festival tersebut yang digelar mulai tanggal 6 – 8 Maret 2018 dan memperebutkan Piala Bergilir Kapolres Bondowoso.

Bupati Amin Said Husni saat membuka acara tersebut, mengharapkan agar kehadiran BOMF yang ketiga kali ini, bisa menjadi motivasi bagi club-club drumband Bondowoso yang jumlahnya terus berkembang pesat. Sekaligus bisa memacu semangat anak-anak yang aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler drumband di sekolah masing-masing.

Ia pun berpesan agar dalam mengikuti BOMF ini semua peserta bisa menjunjung sportifitas.

“Kepada semua peserta baik yang berasal  dari Bondowoso, maupun yang datang dari luar Situbondo, Jember ataupun daerah yang lain.selamat mengikuti festival, junjung sportifitas, mudah-mudahan kalian menjadi juara yang terbaik dari yang terbaik,” ujarnya.

Baca Juga : Ratusan GTT dan PTT SMA/SMK Dapat Rp 750 Ribu per Bulan

Lebih jauh, Bupati dua periode itu mengatakan bahwa club-club drumband di Bondowoso memiliki sejarah yang panjang sejak zaman orde baru, bahkan sejak zaman orde lama. Tapi memang sempat mengalami kevakuman, dan baru mulai berkembang pesat kembali dalam 10 tahun terakhir.

“Sekarang hampir di semua satuan pendidikan di kabupaten Bondowoso, mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini, SD, SMP SMA, maupun umum dan hampir di semua desa dan kecamatan itu terus tumbuh club-club baru dengan kualitas yang terus semakin baik dan terus ditingkatkan  dari waktu ke waktu,” ujarnya diikuti tepuk tangan seluruh penonton.

Sementara itu, Wakapolres Bondowoso yang juga Ketua PDBI (Persatuan Drumband Indonesia) Pengurus Bondowoso, Kompol Kurniawan Wulandono, mengatakan, festival ini merupakan bagian dari upaya untuk mencari bibit-bibit generasi penerus yang memeiliki kemampuan bertaraf internasional. Untuk selanjutnya akan diikutkan di Porprov (Pekan Olahraga Provinsi)

“Rencananya kita kedepan akan membuat drumcord, jadi nanti dari terbaik dari yang terbaik kita masukkan ke dalam drumcord. Nah itulah nanti akan mengikuti Provporv,” pungkasnya. (och)