Share

Situbondo- Sebanyak 10 tenaga muda ditunjuk oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) pimpinan di sejumlah instansi pemerintah. Khsusnya di beberapa OPD yang masih kosong.

Menurut Karna Suswandi, tenaga muda biasanya lebih cepat dan tanggap dalam menjalankan tugas.

“Selain itu juga energik. Sehingga bisa diajak berlari. Serta dapat diandalkan dalam membenahi pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUPR Lumajang ini mengatakan, alasan lain dirinya memilih 10 orang tersebut karena melihat pengalaman. “Saya menganggap mereka cukup matang dan mampu diberi amanah menjadi Plt,” tuturnya.

Meski demikian, pria yang akrab disapa Bung Karna ini tetap memberikan target khusus kepada 10 orang tersebut. “Jika tidak bisa memenuhi target, akan kita evaluasi atau bahkan pergantian,” tuturnya.

Menurut Bung Karna, pihaknya sudah meminta para Plt  bekerja semaksimal mungkin. “Jangan sampai ada keluhan terkait pelayanan di masyarakat. Saya tidak ingin mendengar itu,” imbuhnya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Situbondo, Janur Sasra Ananda mangapresiasi langkah Bupati Situbondo. Menurutnya, pejabat yang dipilih sudah seusai dengan bidang keahliannya. Sehingga bisa memahami permasalahan yang ada di instansinya.

“Langkah bupati cukup baik. Karena sebagian besar sudah mengambil dari internal,” tuturnya.

Politisi Partai Demokrat ini mengingatkan, jabatan Plt hanya berlangsung tiga bulan. Untuk itu, bupati harus menyiapkan pejabat definitif.

“Kewenangan Plt itu terbatas. Jadi tidak bisa bergerak bebas seperti definif. Apalagi yang menjadi Plt di OPD-OPD vital. Seperti Dinsos dan Dinkes di masa pandemi seperti sekarang,” pungkasnya.

Adapun daftar nama-nama Plt yang ditunjuk antara lain sebagai berikut:

1. Drs. H. Sofwan Hadi, M.Si. Plt Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretaris Daerah, jabatan sebelumnya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

2. Ir. H. Budi Priono, M.Si. Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretaris Daerah, jabatan sebelumnya Kepala Dinas Tenaga Kerja.

3. Sugeng Yuwono, SH., M.Si. Plt Asisten Administrasi Umum pada Sekretaris Daerah, jabatan sebelumnya Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik pada Sekretaris Daerah.

4. Dwi Herman Susilo, S.KM., M.Kes. Plt Kepala Dinas Kesehatan, jabatan sebelumnya Kepala Bidang Pelayanan UPT RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo.

5. Samsuri, S.Sos., M.M. Plt Kepala Dinas Sosial, jabatan sebelumnya Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

6. Ferri Herlambang, SH., M.Hum. Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, jabatan sebelumnya  Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan.

7. Drg. Ninov Megawati. Plt Direktur UPT RSUD dr Abdoer Rahem, jabatan sebelumnya Kepala Seksi Medis pada UPT RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo.

8. Saiful Bari, S.Sos., M.M. Plt Camat Panarukan, jabatan sebelumnya Sekretaris Kecamatan Panarukan.

9. Abdul Kadir, S.H. Plt Camat Panji, jabatan sebelumnya Sekretaris Kecamatan Panji.

10. Supriyanto, S.H. Plt Lurah Patokan, jabatan sebelumnya Kepala Seksi Sosial pada Kelurahan Patokan. (Imn)