Share

SITUBONDO – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, bakal menggelar peresmian secara besar-besaran untuk menyambut pembukaan Kawasan Wisata Merak-Baluran. Sebab destinasi wisata yang ada di ujung timur Kota Santri Pancasila ini memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Kabupaten Situbondo memiliki destinasi wisata unggulan. “Ketika nanti Merak-Baluran ini sudah dibuka, kita akan adakan peresmian besar-besaran. Biar semua tau kalau Situbondo punya destinasi wisata andalan,” ujarnya di Pendopo Aryo Situbondo, Sabtu (17/9/2022).

Akan tetapi, Bung Karna belum bisa memastikan kapan Kawasan Wisata Merak-Baluran dibuka. “Namun kami ingin secepatnya,” imbuh pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa.

Lebih lanjut, Bupati 55 tahun ini meyakini, dengan adanya Kawasan Wisata Merak-Baluran tersebut, Kabupaten Situbondo bakal menjadi kota tujuan. Sehingga berdampak positif terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

“Kami berupaya bagaimana Kabupaten Situbondo ini tidak lagi menjadi kota transit. Tetapi ke depan Situbondo ini menjadi kota tujuan. Oleh karena itu, kami membuka Kawasan Merak-Baluran yang luar biasa ini,” tegasnya.

Baca Juga : Banyak Keluhan Tak Tepat Sasaran, Lora Fadil Anggota DPR RI Tinjau Langsung Penyerahan BLT BBM

Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini menyampaikan, ada satu pantai di Kawasan Merak-Baluran yang sangat indah. Yakni Sijile. “Orang Situbondo belum tentu tau tentang Pantai Sijile. Keindahannya tidak perlu diragukan lagi,” bebernya.

Oleh karena itu, pihaknya tidak main-main dalam mewujudkan hal tersebut. Bahkan Pemkab Situbondo menggelontorkan anggaran hingga Rp20 miliar lebih untuk membuka akses jalan menuju Kawasan Merak-Baluran.

“Untuk apa kita lakukan itu. Yakni kita ingin mempromosikan destinasi wisata andalan yang luar biasa,” tegasnya.

Tak cukup sampai di situ, Bupati 55 tahun ini mengungkapkan, pihak Taman Nasional Baluran pun sudah memasang plang nama yang menunjukkan bahwa Kawasan Merak-Baluran adalah wilayah Kabupaten Situbondo.

“Sekarang sudah dipasang nama ‘Situbondo’, karena memang kita harus sudah memberikan pengenalan bawah itu milik Situbondo,” pungkasnya. (OZI)