BONDOWOSO – Sebutan dermawan sangat lekat dengan sosok Bung Karna. Alasannya, tak lain karena laki-laki kelahiran kabupaten Situbondo itu memang suka memberi kepada siapa pun tanpa pandang bulu sejak belasan tahun lamanya.

Salah satu kegiatan berbagi Bung Karna, dilaksanakan Rabu (20/5/2020) di Jalan Pelita, Kelurahan Tamansari. Sedikitnya ada 100an warga sekitar yang mendapat paket sembako dan uang tunai.

Atmaji, warga RT 18, Kelurahan Tamansari, mengatakan bahwa memang sudah sejak lama Bung Karna berbagi dengan warga sekitar.

Setiap tahunnya bahkan ada 5.000an paket sembako dibagikan. Semua itu merupakan zakat mal, dan zakat fitrah yang tak pernah luput diserahkan kepada yang berhak setiap tahunnya.

“Ini dibagi disini, di Situbondo. Dimana beliau itu bertempat, bekerja, pasti rezekinya juga dikeluarkan disana. Beliau ini memang orangnya dermawan,”urainya.

Ia pun menegaskan, bahwa kegiatan berbagi ini bukan hanya setiap tahun saja, melainkan juga tiap harinya.

Baca JugaPemkab Bondowoso Siapkan Rp 1,5 Milyar Untuk Recovery Ekonomi dan Sosial

“Jadi tidak benar kalau baksos dilaksanakan hanya karena beliau mau calon di Pilkada Situbondo. Sudah lama ini dilaksanakan,”urainya.

Kegiatan berbagi ini, kata Atmaji, dilakukan oleh Bung Karna sebagai bukti bahwa ia dekat dengan masyarakat.

Disebutnya bahwa selain kegiatan berbagi, Bung Karna juga sering melaksanakan kegiatan sholawatan di kediamannya setiap malam kamis kliwon.

“Setiap satu bulan disini juga dilaksanakan kegiatan sholawat nariyah, yang banyaknya 4.444. Banyak kiyai yang hadir, dari Bondowoso, Situbondo,”tuturnya.

Senada disampaikan oleh Miswati, warga RT 18, Kelurahan Tamansari, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Ia mengaku setiap tahunnnya keluarganya mendapat bantuan paket sembako. Bahkan, sejak dirinya belum memiliki anak kedua.

“Saya sudah dapat lima kali. Saya saja belum punya anak kedua sudah dapat. Ini memang sudah tiap tahun,”pungkasnya.(och)