Share

BONDOWOSO – Pemerintah Daerah Bondowoso menggelar Ijen Geopark Run Exhibition, pada 2-4 April 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Geopark Run Series ini, diselenggarakan dalam rangka pengenalan situs-situs Ijen Geopark. Baik yang ada di Bondowoso maupun Banyuwangi.

Karena itulah, run exhibition ini dilaksanakan dengan start di Puncak Megasari, Bondowoso. Kemudian, garis akhirnya di Alun-alun Blambangan, Banyuwangi dengan panjang lintasan sekitar 65 KM.

Para peserta akan melintasi sejumlah situs-situs geopark yang diusulkan ke Unesco. Seperti di antaranya Kawah Wurung, Aliran Lava Plalangan, Ijen Megasari (lokasi start), dan lainnya.

Demikian dituturkan oleh Tri Saputro, Ketua Panitia Geopark Run Series, saat pers conference, Jum’at malam (2/4/2021).

Ia menerangkan sejak kali pertama diselenggarakan pada tahun 2018 lalu, Geopark Run selalu dilaksanakan di kawasan yang tengah menggagas Geopark.

“Kita membantu (mempromosikan, red) dengan platform melakukan kegiatan sport,” katanya.

 

Baca Juga : Kades Tenggir Serahkan BLT-DD Tiga Bulan Sekaligus

 

Jelasnya, bahwa khas pelaksanaan Geopark Run ini adalah mengawinkan olahraga di jalan raya, dengan keunikan Geopark yang ada.

“Supaya Geopark yang ada bisa dikenal,” katanya.

Ia melanjutkan bahwa kegiatan ini melibatkan 50 peserta. Terdiri dari 10 pelari- influencer nasional. Kemudian pelari lokal asal Bondowoso, dan asal Banyuwangi masing-masing 20 orang.

Sementara itu, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, mengatakan, kegiatan ini rangkaian dari mempromosikan Ijen Geopark.

” Ini rangkaian mempromosikan Ijen Geopark,” tuturnya.

Ia pun berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan lebih besar lagi. Karena, ada banyak keindahan alam Bumi Ki Ronggo yang bisa diperkenalkan kepada masyarakat luas.

“Harapan saya nanti kita akan mengadakan event yang lebih besar lagi,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Rosalina Patralin Tantri, Perwakilan Deputi Bidang Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Kemenparekraf, Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Retno Wulandari, Kepala Diskominfo Bondowoso, dan sejumlah kepala OPD lainnya.(och)