Share

BONDOWOSO – Bupati Salwa Arifin membuka pelaksanaan seminar pemberdayaan masjid dan sosialisasi pembentukan Badan Koordinasi Majlis Taklim  Masjid (BKMM), di Pendopo Bupati, Selasa (16/10).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Salwa menyerahkan secara simbolis sertifikat  wakaf tanah masjid pada takmir Masjid Al Abror, Sukowiryo. Serta  menyerahkan piagam penghargaan atas kepedulian pensertifikatan tanah wakaf kepada 10 masjid.

Bupati Salwa Arifin mengatakan bahwa dalam membangun masjid itu ada dua hal yang perlu dilakukan. Yakni membangun secara fisik dan secara makna.

Artinya jika membangun masjid itu secara fisik menitik beratkan pada makna membangun sarana dan prasana.

“Adapun arti membangun secara makna yakni membangun masjid dengan kegiatan-kegiatan ibadah. Seperti sholat lima waktu dan kegiatan ibadah lainnya,” tutur Bupati Salwa.

 

Baca Juga : Bupati Salwa Kukuhkan 33 Dewan Hakim MTQ Bondowoso 2018

 

Menurutnya, masjid-masjid yang ada di Bondowoso tidak semua makmur baik secara fisik dan maknanya. Ada yang hanya makmur salah satu diantaranya.

“Oleh karena itu saya harapkan kepada para takmir ini perlu meningkatkan kemakmuran masjid dengan kegiatan yang bukan hanya sholat lima waktu. Melainkan juga kegiatan-kegiatan lainnya,” kata Bupati kelahiran Bondowoso itu.

Di samping itu, tak kalah pentingnya juga membentuk takmir di setiap masjid. Pasalnya, tugas takmir menjadi sangat penting, utamanya dalam membangun masjid secara makna. Yakni, menjadikan masjid bukan hanya sebagai sarana ibadah sholat lima waktu. Melainkan juga berbagai aktivitas keagamaan bermanfaat lainnya.

Informaai dihimpun, total takmir yang diundang yakni berasal dari 100 masjid dari berbagai wilayah di Bondowoso.

Tampak hadir,  Ketua MUI Bondowoso Kh. Asyari Fasya, dan KH. Abdurrahman Ilyas, Ketua deqan Masjid Bondowoso.(och)