Share

BONDOWOSO – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Mendes PDTT RI), Eko Putro Sandjojo, memberikan berbagai macam bantuan kepada Desa-Desa di Bondowoso sebagai dorongan Mendes PDTT RI dalam memaksimalkan pembangunan Desa. Suntikan dana itu diberikan olehnya saat sebelum membuka Festival Desa Nusantara Kabupaten Bondowoso 2018 di alun-alun RBA Ki Ronggo Bondowoso, Senin (16/7) malam.

Bantuan tersebut diberikan kepada sekitar sebelas Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). Sementara bentuk bantuan yang diberikan berupa uang tunai, muai dari senilai 25 juta hingga 50 juta rupiah. Sebanyak 10 Kepala Desa juga menerima bantuan usaha ekonomi masyarakat.

Selain itu, Mendes PDTT RI juga menyerahkan bantuan dari direktorat jenderal pembangunan kawasan pedesaan. Berupa bantuan gudang dan mesin pengolahan kopi Bumdes bersama, Sukma Arabica, senilai 1,15 milyar rupiah.

 

Baca Juga : Semakin Banyak Desa Berkembang, Mendes PDTT Eko: Angka Kemiskinan di Bondowoso Menurun

 

Mendes Eko mengungkapkan, bahwa Pihaknya sangat meyakini jika Desa diberikan kepercayaan, didorong, dan diberikan dana yang cukup, maka pembangunan Desa yang meliputi segala bidang akan berjalan dengan efektif.

“Komitmen presiden begitu besar untuk membangun desa. Karena Indonesia ini, merupakan bangsa yang besar, terdiri dari 74.957 desa. Maka, program pemerintah tidak akan efektif kalau dilakukan secara sentralisasi dari pusat,” katanya, saat memberikan sambutan.

Usai memberikan bantuan itu, Mendes PDTT Eko yang didampingi oleh Bupati Bondowoso, Amin Said Husni langsung memukul beduk sebagai tanda dibukanya Festival Desa Nusantara Kabupaten Bondowoso 2018.

Turut hadir dalam acara itu, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Nihayatul Wafiroh, Dirjen PPMD, Wakil Bupati KH Salwa Arifin, Plt Sekda Karna Suswandi, Kapolres Bondowoso, Dandim 0822, Forkopimda, perwakilan BRI, Bank Jatim, Kepala Desa serta Pengawas Desa Kabupaten Bondowoso. (abr)