BONDOWOSO – Bupati Amin Said Husni menuntaskan puasa di hari ke-19 dengan berbuka bersama 1.018 anak yatim di Pendapa Kabupaten Bondowoso, Tabu (14/6). Selain berbuka bersama, Bupati juga membagikan santunan kepada anak yatim yang hadir.

Menurut Bupati Amin, ini merupakan bentuk dari pengamalan keberagaman Indonesia. Selain itu juga merupakan keindahan agama Islam, di mana orang yang berlebih diminta untuk berbagi kelebihan rizkinya agar bisa dinikmati bersama, “Dan sore ini kita berkumpul di pendapa ini kita berbagi. Kita akan berbuka bersama, menikmati rizki Allah bersama-sama. Dan sekaligus juga ada santunan untuk menjadi bekal kita berhari raya nanti. Mudah mudahan nanti kita hari raya bisa bergembira dan kembali fitrah bersama-sama,“ ujar Bupati dua periode ini.

 

Baca Juga : Dorong Produktifitas, Bupati Amin Apresiasi 100 Wirausahawan di Pendapa

 

Amin juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Bondowoso yang telah berinisiasi menyelenggarakan kegiatan berbagi keindahan Ramadan bersama 1.018 anak yatim. Dirinya juga turut mengapresiasi usaha dari Baznas yang hingga bulan ini, sudah mampu mengumpulkan zakat sedikitnya Rp 1,2 M dari berbagai SKPD Kabupaten maupun Kecamatan.

Namun demikian, kata Amin, karena berdasarkan laporan dari Ketua Baznas Kabupaten Bondowoso, KH. Salwa Arifin, yang menyebutkan bahwa sebenarnya melihat jumlah Pegawai Negeri Sipil yang ada jumlah ini masih jauh dari harapan. Seharusnya dana yang terkumpul bisa menembus angka Rp 6 miliar. Makanya, dirinya mengajak seluruh OPD, Camat, serta para Muzakki , untuk menunaikan zakat.

“Karena di dalam harta kita ada sebagian yang merupakan hak orang lain. Hak yang ditentukan dalam al Quran sebagai para Mustahiq, orang yang berhak menerima zakat,” pungkasnya (och/esb)