Share

 

BONDOWOSO – Bondowoso meraih penghargaan sebagai fasilitator terbaik tiga dalam ajang Coffee Festival and Cocoa 2018, di Kertosastro Farm di Jl. Ngurawan Kecamatan Dampit, Sabtu 29-30 September 2018. Di samping itu, Bondowoso Republik Kopi juga meraih penghargaan sebagai kabupaten dengan inovasi produk cocoa dengan mie coklat terbaik 3 dalam Festival kopi dan cocoa di Dampit Malang selama dua hari, yaitu 29-30 September 2018.

Suhartono, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, kabupaten Bondowoso mengatakan tim dari kabupaten Bondowoso yang ikut dalam kancah lomba tersebut yaitu UM Bapak Latif, dan Riska pemilik kedai Nurico dan Irwan. Turut mendampingi, fasilitator Yutanto, Kabid Perkebunan.

Ia menerangkan keikutsertaan Bondowoso dalam event tersebut karena daerah ini sekarang semakin dikenal sebagai salah satu kabupaten penghasil kopi dan kakao untuk tujuan ekspor.

“Festival  ada 2 kegiatan, yaitu Minefna fasilitator dalam program pengembangan cocapoa dan inovasi produk hilir,”terangnya.

Ia mengaku bahwa walaupun saat ini pengembangan cocoa di Bondowoso baru   ada penanaman 5 hektare dan penyambungan sampling 2000 pohon kopi. Namun demikian, saat ini produk hasil hilir sudah beredar di pasaran. Utamanya produk olahan NURICO dan produk JM.

“Mereka berani berinovasi buat Powder, Permen coklat, Tape goreng isi coklat. Dan yang masuk menjadi juara 3 itu, adalah mie coklat yang mempunyai citarasa yang sangat lezat. Semua itu, produk olahan Riska, pemilik kedai  NURICO,”pungkasnya. (Och)