BONDOWOSO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Bondowoso memperluas jaringan untuk akuisisi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan memberikan pelatihan sistem keagenan perisai kepada 23 orang Agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai).

Bangkit Sayekti, Marketing Officer BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember, di acara Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan dan Pelatihan  Keagenan Perisai, Sabtu (11/8) di Aula BLK Bondowoso, menjelaskan, dalam kegiatan tersebut pihaknya memberikan pelatihan sistem keagenan terkait tata cara akses aplikasi Perisai dan product knowledge BPJS Ketenagakerjaan.

Tujuannya, untuk memperluas kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui kepanjangan tangan perwakilan BPJS Ketenagakerjaan dalam mensosialisasikan Program BPJS TK. Sekaligus, mengakuisisi peserta yang belum mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan melalui tim Perisai.

“Melalui sistem keagenan Perisai, BPJS Ketenagakerjaan berupaya untuk memperluas cakupan kepesertaan dalam dua kategori yaitu peserta Penerima Upah (Pekerja Formal) yang skala usahanya Mikro & Kecil dan peserta Bukan Penerima Upah (Pekerja Informal),”urainya.

Baca Juga : Pawai Topi Hias, Dari Hiu Hingga Mawar Padati Jalanan Kota

Ia menjelaskan, secara resmi Perisai merupakan satu-satunya perwakilan BPJS Ketenagakerjaan dalam hal sosialisasi, akuisisi dan pengelolaan data calon peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Semua agen tersebut merupakan kepanjangan tangan BPJS Ketenagakerjaan di lapangan untuk menjelaskan Program BPJS Ketenagakerjaan kepada pekerja yang belum menjadi peserta,” jelasnya.

Ia menerangkan, Agen Perisai tersebut juga akan mendapatkan insentif apabila dapat mengakuisisi peserta masuk ke Program BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku. Adapun insentifnya sebesar 7,5% dari total iuran yang dibayarkan peserta dan insentif 500rb ketika agen perisai dapat mengakuisisi minimal 50 tenaga kerja pada bulan yang berjalan. Di sisi lain, besaran iuran berbeda tergantung jenis program yang diambil peserta tersebut. BPJS Ketenagakerjaan punya empat program utama, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

“Kami terbuka kepada masyarakat yang ingin bergabung menjadi bagian dari Perisai, cukup mendaftarkan diri melalui kantor Perisai yang menjadi mitra dari BPJS Ketenagakerjaan,” tambahnya.

Ia berharap agen Perisai bisa menjadi kepanjangan tangan untuk dapat mensosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan sampai ke masyarakat atau peserta yang belum terlindungi. (och)