BONDOWOSO – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) Sido Makmur, Cindogo, Tapen. HIPPA yang merupakan binaan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bondowoso meraih rangking dua saat mewakili Jawa Timur di untuk paparan lomba OP Irigasi Partisipatif P3A tingkat nasional.

Informasi yang dihimpun Memo Indonesia, dalam lomba yang digelar di Tangerang Selatan, Banten, 21-24 Mei tersebut, paparan HIPPA Sido Makmur meraih peringkat kedua dengan nilai 418,65. Sementara peringkat pertama yaitu wakil dari DI Yogyakarta, P3A Triguna Tirta dengan nilai 424,55. Sementara itu, HIPPA Jawa Tengah memperoleh poin 400,4 dan menempati posisi ketiga. Selanjutnya Sulawesi Selatan dengan poin 397,38 di posisi keempat dan NTT di posisi kelima dengan poin 393,00. Lima besar itulah nantinya yang akan mendapatkan penilaian lapangan.

“Bobot penilaian paparan ini adalah 40 persen. Setelah evaluasi paparan ini dilanjutkan dengan kunjungan lapangan dengan bobot penilaian 60 persen,” ujar Kepala Dinas PUPR Bondowoso Karna Suswandi.

Menurutnya, dengan selisih angka 5,9 dibanding DIY yang tidak terlalu besar tersebut, pihaknya berharap pada kunjungan lapangan HIPPA Sido Makmur bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga nilai total akhir penilaian dapat dimenangkan oleh Bondwoso sebagai wakil dari Jawa Timur.

 

Baca JugaBangun Jembatan Antar Kabupaten, Ini Tujuan Dinas PUPR Bondowoso2017

 

Diagendakan, lanjut Karna, penilaian di lapangan ini akan dilakukan mulai 5-16 Juni mendatang. Apa yang diraih oleh Bondowoso ini menurutnya cukup membanggakan. Dia berharap, saat penilaian nantinya, Bondowoso bisa mengumpulkan poin maksimal sehingga bisa meraih juara dalam lomba OP Irigasi Tingkat Nasional kali ini.

“Tentu kita optimistis bisa meraih juara karena kualitas di lapangan memang sudah banyak mendapatkan apresiasi,” ujar Karna yang sebelumnya sempat menjabat Plt Dinas Pertanian ini. (esb)