Share

BONDOWOSO – Tingginya curah hujan disertai angin puting beliung di Kabupaten Bondowoso berpotensi menyebabkan pohon tumbang.

Mananggapi situasi itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bondowoso bergerak cepat melakukan pemotongan dan merapikan, ranting pohon yang dianggap rawan tumbang sejak seminggu lalu.

Tim DLH menyisir pohon-pohon di pinggir jalan. Kemudian melakukan pemotongan pada dahan yang mulai keropos maupun rawan sempal serta merapikan ranting yang lebat di sekitar wilayah dalam kota, utamanya di Jl. Ahmad Yani.

Kabid Perlindungan Lingkungan Hidup dan Keanekaragaman Hayati DLH Bondowoso, Syahrial Fary menerangkan, pemotongan dan merapikan ranting pohon sebagai upapaya pencegahan dini meminimalisir terjadinya pohon tumbang ketika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Selain itu, upaya ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terkait keberadaan pohon yang mengganggu lampu PJU, lampu lalu lintas, kabel PLN dan Telkom yang banyak tersangkut di pohon sehingga harus dipotong sesegera mungkin.

“Sementara ini kita selesaikan di Jalan Ahmad Yani dulu. Sebetulnya kita sudah mulai beberapa hari yang lalu, cuma nanti kita lihat kondisi. Karena ketika turun hujan maka pekerjaan itu harus dihentikan karena resiko tinggi,” ujar Syahrial Fary saat ditemui awak media sedang melakukan pembersihan pohon tumbang di Kelurahan Badean, Jumat (30/12/2022).

Baca Juga : Ketua DPRD Apresiasi Langkah Dispendik Ikut Majukan Wisata Bondowoso

Syahrial juga mengatakan bahwa pemotongan dan merapikan ranting pohon juga sebagai kegiatan pemeliharaan dan perawatan rutin dari DLH terkait dengan aset-aset pohon di ruang terbuka hijau. Karena menurut nya banyak pohon berjenis Angsana Kembang dan Glodokan tersebut berpotensi tumbang saat terjadi hujan deras dan angin kencang.

“Kondisinya sudah cukup banyak yang cukup tua sehingga butuh perhatian yang lebih serius menangani ini kemudian kita pun juga harus lebih hati-hati dalam memperlakukan pohon-pohon ini,” tambahnya.

Selain itu, DLH juga kompak bekerjasama dengan BPBD melakukan penanganan saat terjadi pohon tumbang.

“Ini sekarang ada pohon tumbang. Selain upaya yang kita lakukan untuk meminimalisir terjadinya pohon tumbang, warga juga kita harapkan segara melapor ke DLH jika menemukan pohon yang rawan tumbang, seperti sudah keropos maupun memiliki daun yang lebat,” pungkasnya. (abr)