Share

 

BONDOWOSO – Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso melakukan  verifikasi terhadap berkas  pendaftar  test CPNS.

Mengutip dari status Kepala BKD Bondowoso, Wawan Setiawan, disebutkan bahwa rekap pendaftaran CPNS Bondowoso per Kamis (10/10) hingga pukul 07.00 WIB disebutkan bahwa jumlah pendaftar mencapai 1.839. Dan 576 diantaranya lulus verifikasi atau memenuhi syarat seleksi administrasi. Sedangkan 126 tidak lulus, adapun 1.114 lainnya masih belum diverifikasi.

Saat Memo Indonesia mencoba menkonfirmasi hal tersebut, Kepala BKD Wawan Setiawan hanya meminta untuk memantau website resmi BKD Bondowoso. Bahkan, saat Memo Indonosia coba untuk meminta diarahkan pada Kepala Bidang yang membidangi, Ia hanya menjawab melalui pesan whatsaap bahwa saat ini sedang sibuk melakukan verifikasi dengan waktu yang sangat terbatas.

Sementara itu, salah seorang sumber di BKD yang enggan disebutkan namanya, menerangkan, apa yang dijadikan status oleh Kepala BKD itu memang tidak diupload ke website resmi. Pasalnya setiap hari data terus berubah dengan cepat.

“Kalau informasi umum soal tes CPNS belum ada. Tapi nanti tanggal 15 terakhir verifikasi,” urainya melalui pesan singkat Whatsaap.

 

Baca Juga : Relawan Bupati Salwa Mengaku Baru Tau Ada Presidium Relawan Sabar 276

 

Sementara itu, sejauh ini di website resmi BKD Bondowoso disebutkan, bahwa pendaftaran CPNS Pemerintah Kabupaten Bondowoso mendapatkan beberapa formasi. Salah satu diantaranya yakni formasi dari tenaga honorer eks K-2 mendapat perlakuan khusus karena mensyaratkan verifikasi kebenaran dokumen mereka.

Kepala BKD Bondowoso, Wawan Setiawan, seperti dikutip dari website resmi BKD,  menerangkan bahwa sesuai Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2018, untuk pelamar CPNS dari formasi eks Tenaga Honorer K-2 pemerintah daerah (BKD Bondowoso) wajib memverifikasi kebenaran dokumen kepegawaian mereka.

Hal pertama yang harus dilakukan Eks Tenaga Honorer K-2 adalah melakukan pengecekan data pada layanan helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn. Jika sukses maka langkah selanjutnya mencetak Kartu Tanda Bukti Peserta THK2 Tahun 2013.

Bagi Eks Tenaga Honorer K-II yang telah mencetak Kartu Tanda Bukti Peserta THK2 Tahun 2013, selanjutnya dibawa ke BKD Bondowoso dengan membawa kelengkapan dokumen fisik lainnya.

Sedangkan Eks Tenaga Honorer K-II yang telah melakukan pengecekan data pada layanan helpdesk SSCN namun terdapat keterangan pendidikan tidak sesuai padahal mereka mengantongi ijazah S-1 sebelum 3 November 2013 akan diinventarisir oleh BKD Bondowoso. Data mereka nantinya akan diteruskan kepada BKN.(och)