Share

BONDOWOSO – Menjelang Hari Veteran Nasional (Harvetnas) 2017 nanti, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Bondowoso membersihkan sejumlah makam pejuang Bondowoso di Desa Sumber Tengah, Kecamatan Binakal yang selama ini luput dari catatan sejarah, Sabtu (5/8/2017).

Pahlawan asal Desa Sumber Tengah tersebut adalah Pak Bi’a dan Pak Sanijen. Keduanya adalah tokoh masyarakat asal Desa Sumber Tengah yang turut melawan penjajah belanda.

“Pak Bi’a sebenarnya adalah salah satu pahlawan Bondowoso. Namun sejarah tidak mencatat perjuangannya kala itu. Sebab Pak Bi’a tak tergabung dalam bala tentara dan laskar apa pun pada saat itu,” terang Sekretaris Veteran, Sujarwoto, kepada Memo Indonesia.

 

Baca Juga : Dandim Bondowoso: Kecerdasan Spiritual Cikal Bakal Tumbuhnya Prilaku Baik

 

Ketua Veteran Bondowoso, Mujahid, menjelaskan kegiatan bersih-bersih tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada jasa Pak Bi’a yang telah berjuang memelopori masyarakat setempat dalam mengusir penjajah pada saat masuknya tentara Belanda ke Kecamatan Binakal dan Kecamatan Wringin pada tanggal 26 Juli 1947 silam . Menurutnya, mereka yang telah gugur haruslah selalu diingat sebagai refleksi kepada generasi penerus saat ini.

“Ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa beliau yang telah merelakan segenap jasanya untuk mengusir lenjajah kala itu,” ungkap Mujahid.

Selain Veteran, kegiatan tersebut diikuti oleh unsur Kodim 0822 dan Kepala Desa Setempat, Jon Jayadi, yang tak lain adalah cucu dari Almarhum Pak Bi’a. (Abr)