BONDOWOSO – Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur memastikan siap untuk terus mendukung pengembangan akselerasi ekspor produk pertanian organik Lombok Kulon. Tentunya dukungan yang akan diberikan disesuaikan dengan kebutuhan para Kelompok tani.

“Gapoktan Al-Barokah sendiri kelompok tani yang sudah advance (maju) , bukan basic lagi. Kalau basic kita masih bisa, misalnya pelatihannya dikasih drier, tapi kalau sekarang kan sudah ada,” demikian di sampaikan oleh Difi Ahmad Johansyah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, saat berkunjung dan menggelar diskusi dengan tema “Akselerasi Ekspor Beras Organik Koperasi Al-Barokah”, di Lombok Kulon, Rabu (6/6).

Ia menuturkan bahwa dukungan yang diberikan intinya bisa dalam bentuk pelatihan. Hanya saja masih belum bisa menentukan pelatihannya, karena perlu melakukan survey terhadap kebutuhan kelompok tani. Mengingat Gapoktan Al Barokah ini sudah maju, maka pelatihan yang diberikan bisa seperti marketing lewat blogging, bisa juga kemasannya.

“Tapi kembali harus bottom up, bukan top down dari kami,”tegasnya.

Baca Juga : BI Jatim Nilai Pengembangan Pertanian Organik Bondowoso Terbaik

Petugas Penyuluh Lapang (PPL) pertanian organik Lombok Kulon, Kurniatik, menguraikan, pihaknya mengharapkan agar BI bisa memberikan pelatihan untuk marketing on line, dan pengembangan wisata organic. Utamanya kepada sejumlah petani muda yang sudah tergabung di Koperasi Al- Barokah

“Sejauh ini pemasaran yang dilakukan oleh Al Barokah sudah lancar, hanya saja perlu lebih disempurnakan, salah satunya melalui pelatiahn marketing on line ini.

Ia pun menuturukan bahwa hingga saat ini pihaknya telah mengekspor produk beras organik ke Kanada, Australia, Jepang.

“Terakhir kita akan bekerjasama pengiriman ke Amerika yang rencananya beras organic Bondowoso akan dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik. Mohon doanya,” urainya.

Sementara itu, Plt. Sekertaris Daerah Bondowoso, Karna Suswandi, mengingatkan agar petani-petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Al Barokah bisa memanfaatkan rencana promosi produk secara on line yang akan dibantu oleh BI.

“Ini perlu dimanfaatkan  ecara maksimal oleh Gapoktan AL Barokah,” urainya. (och)