BONDOWOSO – BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan 44 unit mesin potong rumput kepada Pemkab Bondowoso. Bantuan diterima langsung oleh Bupati Amin Said Husni di Pendopo Kabupaten, Senin (30/10), yang selanjutnya akan diserahkan kepada Kelompok Tani.

Selain bantuan alsintan, BPJS Ketenagakerjaan juga menyerahkan klaim santunan secara simbolis kepada peserta yang mengalami kecelakaan kerja, baik peserta pekerja formal maupun non formal.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jawa Timur, Abdul Cholik dalam sambutannya, mengatakan penyelenggaraan jaminan sosial terdiri dari sembilan prinsip yakni gotong royong, nirlaba, kehati-hatian, akuntabilitas, portabilitas, kepesertaan bersifat wajib, dana amanah dan dana kelolaan untuk pengembangan program, serta meningkatkan kesejahteraan peserta.

Menurutnya, BPJS Ketenagakerjaan mendukung pembangunan dan kemandirian bangsa. Memiliki program tanggung jawab sosial lingkungan untuk membangun kualitas kehidupan yang berkelanjutan.

“Hari ini kami menyerahkan bantuan mesin potong rumput untuk Kelompok Tani Kopi di Bondowoso. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat penerima bantuan,” ujarnya.

 

Baca Juga : Bondowoso Usulkan UMK 2018 Sebesar Rp 1,6 Juta

 

Sementara itu, Bupati Amin Said Husni mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan untuk bantuan itu. Masayarakat penerima bantuan diminta memanfaatkan, menjaga dan merawat apapun jenis bantuan yang diterima.

“Digunakan secara bersama ketika bantuan itu diberikan untuk kelompok, bukan orang per orang. Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BPJS Ketenagakerjaan sangat membantu masyarakat,” kata Bupati Bondowoso.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis Kartu Tani bank BNI dan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan peserta Informal atau Bukan Penerima Upah donasi bank BNI.

Adapun kepesertaan Program BPJS Ketenagakerjaan di Bondowoso sampai dengan periode September 2017 sebanyak 753 perusahaan dan 6.268 tenaga kerja. (och)