Share

Situbondo -Karna Suswandi merencanakan budi daya tanaman padi BK 700 di Kabupaten Situbondo. Uji coba bibit mulai dilakukan di Kota Santri.

Bung Karna berharap,  calon padi itu bisa tumbuh subur dan menaikkan hasil panen. Sehingga petani bisa makmur dan beras di Situbondo semakin berlimpah.

“Keunggulan dari bibit padi tersebut cukup banyak. Dalam satu batang bisa menghasilkan 600-700 bulir padi. Padahal pada umumnya, bibit padi hanya menghasilkan 150-200 bulir saja,” jelasnya

Karna mengantakan, keunggulan lain dari benih padi tersebut adalah bisa ditanam di polybag. “Sehingga masyarakat yang tidak memiliki lahan tetap bisa menanamnya,” ucapannya.

Karna menjelaskan, dalam seratus polybag bisa menghasilkan sekitar 2 kwintal  gabah kering. Jika digiling, maka akan menghasilkan 60 sampai 100 kilogram beras.

“100 polybag sudah cukup untuk dimakan satu keluarga selama berbulan-bulan. Asalkan tidak dijual,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini menyebutkan, dalam waktu dekat akan dilakukan uji coba penanaman beni padi BK 700 dilahan seluas 3,5 hektare di Kecamatan Kapongan. Ditargetkan dalam kurun waktu tiga bulan sudah panen perdana.

“Insya Allah akhir bulan ini kita tanam perdana di Kecamatan Kapongan, dan tiga bulan lagi bisa kita panen,” tegasnya. (min)