Share

BONDOWOSO – Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Ahmad Dhafir dan Hidayat akan mengasuransikan semua produk tanaman petani. Sehingga, ketika petani mengalami gagal panen, maka secara otomatis sudah mendapatkan ganti rugi. Hal inilah merupakan bagian dari berdaya di bidang ekonomi yang orientasinya adalah mensejahterahkan masyarakat. Terlebih, 60 persen profesi masyarakat Bondowoso yakni adalah petani.

“Petani, yang tentu harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah,” demikian janji politik ini disampaikan oleh Cabup Ahmad Dhafir saat menyampailan visi dan misi di bidang ekonomi, dalam debat kedua, Sabtu malam (19/5).
Ia menjelaskan upaya lain yang perlu dilakukan yakni meningkatkan nilai produksi pertanian dengan melibatkan beberapa perguruan tinggi di Bondowoso.

Baca Juga : Bagaimana Menaikkan PAD Bondowoso, Ini Strategi Ahmad Dhafir

“Kemudian diikuti dengan mengasuransikan semua produk pertanian,” urainya.

Tak kalah pentingnya, yakni mencetak lahan pertanian baru, karena seperti diketahui di Bondowoso itu ada 36 ribu hektar sawah.

“39 ribu hektar tanah hijau. Kita bentuk bendungan untuk lahan pertanian baru,” terangnya.

Namun demikian, tidak cukup meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan upaya di bidang pertanian. Maka upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan menyiapkaan pasar bagi pelaku UMKM. Sekaligus mendorong 38 ribu UMKM di Bondowoso.

“Sehingga seperti yang kita sampaikan dalam debat publik pertama yakni ada skala prioritas, pertama pertanian, industri, dan pariwisata,” urainya.

Pariwisata sendiri menjadi pasar yang bisa dikelola untuk masyarakat yang sekaligus meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) melalui retribusi para wisatawan. Belum lagi, multiplier effect yang akan diterima oleh masyarakat Bondowoso.(och)