Share

SITUBONDO – Hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Asembagus dan sekitarnya, Jumat (20/5/2022) sekitar pukul 13.00 WIB. Akibatnya bongkahan batu padas dengan diameter yang cukup besar yang berada di Kampung Selatan, Dusun Periopo, RT/RW : 117/004, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus longsor.

Menurut Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. “Warga setempat atas nama Antololifa usia 35 dan Misjari usia 34 tahun mendengar suara gemuruh dari ketinggian di atas rumahnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Puriyono mengungkapkan, beberapa saat setelah mendengar suara itu mereka berdua keluar dari rumahnya untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. “Betapa terkejutnya mereka ternyata bongkahan batu padas dengan diameter sekitar 6 meter jatuh dari ketinggian kurang lebih 75 meter,” tambahnya.

Puriyono menyampaikan, bongkahan batu padas itu menimpa dinding rumah Mariadi (41). “Selain itu bongkahan batu padas tersebut juga menutup akses jalan di Dusun Periopo, Desa Bantal,” tegasnya.

Baca Juga : Wajib Pakai APBD, Diklat KS Berbayar Tak Seharusnya Dilakukan

Lebih jauh, Puriyono menerangkan, saat kejadian, anggota keluarga korban sedang berada di dalam rumah. “Mereka sedang menonton televisi. Beruntung mereka bisa menyelamatkan diri,” bebernya.

Puriyono menjelaskan, tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian itu. “Namun material longsoran batu padas mengakibatkan rumah korban mengalami kerusakan dengan katagori sedang, sehingga menyebabkan kerugian materil sekitar Rp3 juta,” pungkasnya.

Puriyono menuturkan, pada hari Sabtu, 21 Mei petugas Muspimka Asembagus dan warga sekitar menggelar kerja bakti untuk membersihkan jalan dari material longsoran batu padas. “Sehingga akses jalan Dusun Periopo, Desa Bantal bisa normal kembali,” tutupnya. (Ozi)