BONDOWOSO – Sejak diluncurkan pada 11 April 2020 lalu, antusiasme masyarakat Bondowoso terhadap program kartu Pra Kerja cukup tinggi. Namun, tidak sedikit juga peserta mengalami kendala saat proses pendafataran yang dilakukan secara online tersebut.

Dari hasil pemantauan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tenaga Kerja, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, pada gelombang pertama, hanya 281 peserta yang berhasil mendaftar program Pra Kerja.

Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas, Penempatan Dan Perluasan Kesempatan Kerja (P4KK) Jamila Fitriyastuti mengatakan, banyak peserta yang tidak berhasil mendaftar pada akun Pra Kerja karena terjadi gangguan pada server pusat.

” Yang tidak berhasil banyak juga karena memang se Indonesia yang akses. Jadi kayak server itu down. Seperti itu,” jelasnya saat ditemui wartawan, Kamis (23/4/2020).

 

Baca Juga : Pemkab Bondowoso Terbitkan SE Panduan Ibadah Bulan Ramadhan Saat Pandemi Corona

 

Menurutnya, pemerintah daerah hanya mensosialisasikan dan memberikan pendampingan bagi masyarakat yang tidak mengenal IT dan butuh informasi mengenai pemahaman kartu Pra Kerja.

“Karena kemarin kan banyak kendala ya. Ada yang sampai dua hari baru berhasil. Bahkan ada yang satu minggu tidak berhasil,” tandasnya.

Bagi masyarakat yang tidak menguasai IT, pihaknya menghimbau untuk mendatangi langsung kantor DPMPTSP Tenaga Kerja Bondowoso yang berada di Jalan Ahmad Yani No. 137 Bondowoso.

Kartu prakerja sendiri diketahui menjadi salah satu dari sederet program pemerintah untuk mengatasi dampak dari COVID-19. Program ini diharapkan mampu menampung para pekerja yang terkena PHK maupun UMKM yang kehilangan pendapatannya. Pendaftarannya bisa diakses secara online melalui www.prakerja.go.id. (abr)