Share

BONDOWOSO – Pemerintah daerah Bondowoso kembali memberikan mudik gratis bagi seluruh warga di Ramadan 1439 hijriah ini. Menariknya mudik gratis tahun ini  bertambah satu  daerah tujuan yakni Bali ke Bondowoso. Sedangkan, di dua tahun sebelumnya tujuan mudik gratis hanya dilakukan untuk tujuan Bondowoso – Madura.

Bayu Aji Prabowo, Kasi Angkutan Barang dan Orang, Dinas Lingkuhan Hidup dan Perhubungan Bondowoso,  mengatakan, dalam pelasanaan mudik gratis ini pemerintah daerah menggelontorkan anggaran sekitar Rp 75 juta. Kemudian, dialokasikan untuk dua bis untuk setiap tujuan. Adapun kapasitasnya masing-masing  100 orang

“Persyaratannya hanya foto copy KTP atau KK, daftarnya bisa langsung ke kantor DLHP atau bisa menghubungi nomer yang tertera di brosur,” urainya.

Baca Juga : Sosialisasi Bus Sekolah, Sopir Angkot Minta Jangan Tambah Armada

Sementara itu, terkait balik gratis yang diselenggarakan dengan APBD Provinsi tetap dilakukan tahun ini. Untuk tahun ini, balik gratis Bondowoso mendapatkan jatah dua armada bus.

“Lebih banyak balik gratis karena biasanya  kalau sudah balik banyak yang bawa saudaranya ke kota untuk kerja. Biasanya urbanisasi itu,” katanya.

Untuk informasi, mudik dan balik gratis setiap tahun diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi sejak tahun 2012 dengan menggunakan alokasi dana dari Pemerintah provinsi. Sementara, Pemkab Bondowoso menyelanggarakan Mudik Gratis baru dua tahun terakhir ini dengan APBD Kabupaten. Mudik dan balik gratis ini diselenggarakan untuk menekan angka kecelakan serta kepadatan lalu lintas. (och)