Share

SITUBONDO – Pohon trembesi dengan diameter sekitar 50 centimeter yang berada di pinggir Jalan Raya Pantura Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan, Situbondo, tepatnya di kilometer 207 arah Surabaya tumbang, Kamis (22/12/2022). Peristiwa tersebut terjadi akibat angin kencang yang diperparah dengan kondisi akar pohon yang rapuh.

Menuju Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono, menyampaikan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. “Batang pohon trembesi yang tumbang menutupi badan jalan. Sehingga mengakibatkan kemacetan hingga 2 kilometer,” ucapnya.

Baca Juga : Angka Kecelakaan di Bondowoso Meningkat, Tahun ini Ada 332 Kasus Kecelakaan

Menerima informasi tersebut, petugas gabungan yang terdiri dari BPBD Situbondo, Tagana Dinsos, TNI-Polri mendatangi lokasi kejadian. “Setibanya di TKP kami dengan dibantu oleh warga setempat memotong batang pohon dengan menggunakan gergaji mesin (Chain Saw -red),” tambahnya.

Saat proses pemotongan pohon tersebut, Polantas dari Satlantas Polres Situbondo memberlakukan sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan. “Alhamdulillah aekitar pukul 12.45 WIB, penanganan pohon tumbang selesai dilakukan. Sehingga arus lalu lintas kembali normal,” tegasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut. “Karena waktu pohon trembesi ini tumbang tidak ada kendaraan dan warga yang melintas di TKP. Untuk kerugian materi juga nihil,” tutup Puriyono. (Ozi)