Share

SITUBONDO – Koramil Banyugulur dan Pemerintah Desa setempat melaksanakan penanaman ratusan bibit pohon Mangrove pada Jum’at, (24/12/2021).

Pelda Wahyu Sujatmiko Batuut Koramil 0823/17 Banyuglugur di sela-sela kegiatan mengatakan, bahwa penanaman itu dilakukan dalam rangka penghijauan di sekitar pesisir pantai untuk mengurangi dampak dari abrasi pantai.

” Kegiatan penghijauan ini kita lakukan secara bersama dengan masyarakat pesisir, pemerintah Desa Banyuglugur dan juga beberapa intansi terkait,” katanya.

Ia menerangkan, penanaman dilakukan di sisi timur pantai yang berbatasan dengan kecamatan Besuki, dan sisi barat berbatasan dengan batas kabupaten Probolinggo.

Baca Juga : Dinsos Situbondo Salurkan Belasan Kendaraan Dinas kepada Korcam Pendamping PKH

“Area ini masuk binaan koramil Banyuglugur. Jadi sangat penting jika di sepanjang pantai tersebut di lakukan penghijauan dengan menanam jenis tanaman mangrove,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa tanaman mangrove bisa membendung air laut jika pasang. Sehingga dapat mengurangi abrasi yang diakibatkan oleh terjangan ombak.

” Kami berharap, selain penanaman bibit mangrove ini bermanfaat bagi kondisi alam sekitar, juga bisa menjadi daya tarik wisata, baik lokal dan mancanegara,” ujarnya.

“Kami juga berharap kegiatan ini bisa jadi edukasi dan motivasi bagi masyarakat pantai dan juga pemuda untuk mencintai dan peduli pada kelestarian lingkungan,” tutupnya.(Ipung)