Bondowoso – Menjelang Ramadan tahun ini, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan perdagangan Kabupaten Bondowoso memastikan harga sembako di sejumlah pasar stabil. Pasar yang dimaksud di antaranya, pasar Induk Bondowoso, pasar Wonosari, pasar Maesan dan pasar Prajekan.

Hendriyanto, Kasi Perlindungan Konsumen, mengatakan selama stok mencukupi maka harga tidak akan melonjak. Namun demikian, jika berkaca pada tahun-tahun sebelumnya harga bahan pokok seperti gula, tepung, beras, dan minyak curah, serta telur biasanya mengalami kenaikan. Untuk mengantisipasi hal ini, kedepan Diskoperindag bersama Bulog siap untuk menggelar operasi pasar. “Ya nanti yang menyelenggarakan dan menyedikan barangnya dari Bulog. Kami jadi partner,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait harga gula dan minyak curah, Hendriyanto mengatakan bahwa Kementrian Perdagangan telah mengeluarkan ketetapan. Ditentukan bahwa harga gula tak lebih dari Rp12 ribu per kilogram dan harga maksimal minyak goreng dengan kemasan sederhana Rp11 ribu per kilogram. Harga tersebut berlaku di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Bondowoso.

Hingga saat ini harga Gula dan minyak curah di empat pasar di Bondowoso relatif seperti yang sudah diharapkan oleh pemerintah Pusat. Namun demikian, dirinya tidak menampik bahwa semakin mendekati Ramadan, kebutuhan masayrakat akan gula dan minyak curah semakin tinggi. Karena itulah, jika stok kurang bisa jadi akan terjadi kenaikan harga.

Dia berharap agar kedepan distribusi gula dan minyak curah bisa aman dan tidak terkendala apa pun. “Ya yang harus ditekan kalau berkaitan harga bukan pengecernya, tapi pihak produsennya sendiri. Kalau Diskoperindag tak bisa memaksakan kepada pedagang terkait harga yang sudah ditentukan oleh Kementrian Perdagangan.” Katanya pada Memo Indonesia.

Hendriyanto menambahkan, bahwa nantinya pihak penjual akan diberi surat edaran terkait dengan harga yang telah ditentukan oleh Kementrian Perdagangan, utamanya harga gula dan minyak curah.

Hingga berita ini diturunkan, Diskoperindag, seperti disampaikan oleh Hendriyanto, masih menunggu surat edaran dari Kementrian perdagangan terkait harga gula dan minyak curah. Sejauh ini, Diskoperindag baru mengetahui informasi harga-harga ini dari media massa.

Sementara itu, Release harga yang diterima oleh Memo Indonesia dari Diskoperindag, hasil pantauan pada taggal 4 Mei 2017, harga minyak curah di Pasar Induk Bondowoso sekitar Rp 10.500, gula Rp 12.500 per kilogram, tepung terigu Rp 8.000 per kilogram, dan beras IR 64 Super Rp 11.000 per kilogram. (och/esb)