Share

SITUBONDO – Satgas Covid-19 Kecamatan Jangkar memperketat pemeriksaan penunjang di Pelabuhan Jangkar. Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona varian Omicron.

Anggota Satgas Covid-19 Kecamatan Jangkar, Sertu Erwan mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan surat swab antigen kepada 66 calon penumpang dua kapal dengan tujuan Pulau Madura. “Di KMP Dharma Kartika ada 22 orang dengan tujuan Pulau Raas. Kemudian 44 orang calon penumpang KMP Satya Kencana dengan tujuan Pulau Sapudi,” ucapnya, Jumat (3/12/2021).

Sertu Erwan mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan terhadap seluruh penumpang tersebut mereka sudah membawa surat swab antigen dari daerah asal dengan hasil negatif. “Alhamdulillah 66 calon penumpang dinyatakan negatif Covid-19. Itu dibuktikan dengan surat swab antigen yang mereka bawa,” ujarnya.

Baca Juga : Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

Lebih lanjut, Sertu Erwan menjelaskan, pihaknya juga meminta kepada calon penumpang kapal untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan menerapkan 5M. “Yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak satu sama lain, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan,” pungkasnya.

Sertu Erwan menyampaikan, pihaknya akan terus memperketat pemeriksaan terhadap calon penumpang kapal. Mengingat menjelang akhir tahun biasanya terjadi lonjakan penumpang kapal di Pelabuhan Jangkar.

“Ini adalah upaya kita untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona varian Omicron yang 15 kali lebih cepat penularannya bila dibandingkan dengan varian Delta,” tutupnya. (Ozi).