BONDOWOSO – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas akhirnya angkat bicara terkait pembangunan sejumlah fasilitas di Kawah Ijen.

Kepada awak media saat Ia sowan ke kantor DPC PDIP Bondowoso, Jum’at (3/11), mengatakan dirinya kaget dengan pembangunan tersebut. Karena, pihaknya tidak pernah diajak terlibat secara resmi dalam pembahasan desainnya.

Ia berharap dalam pembangunan di sekitar Kawah Ijen mestinya tidak boleh mengganggu kawasan dan view yang sedang dibangun di tempat tersebut.

 

Baca Juga : Begini Strategi Kampanye Azwar Anas untuk Menangkan Pilgub Jatim

 

“Problem dasarnya adalah diselesaikan misalnya untuk toilet, kemudian shelter untuk pendaki. Tapi ini justru di titik dekat kawah,” paparnya.

Karena itu, pihaknya saat ini sedang meminta klarifikasi terkait rancang bangun yang disiapkan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini BKSDA.

Namun demikian, Pemkab Banyuwangi, kata Anas, tetap mengapresiasi setiap pembangunan yang terkait sarpras seperti toilet dan shelter.

“Tetapi yang pasti mengapresiasi setiap pembangunan terkait sarana dan prasarana. Misalnya toilet, shelter untuk pengunjung, kemudian misalnya Puskesmas dan lain-lain. Mestinya itu dulu,” paparnya. (och)