JEMBER – AIESEC merupakan organisasi pemuda internasional yang berada di 127 negara di dunia. Fokus dari organisasi ini adalah untuk pengembangan skill kepemimpinan, manajemen, dan kesadaran sosial akan isu isu yang sering tejadi di dunia dengan cara – cara khas nya itu melalui Student Exchange (Pertukaran Pelajar Internasional).

Menurut Public Relation (PR) AIESEC UNEJ Lutfian ditemui media ini Jum’at (17/8) disela-sela kesibukannya menyatakan bahwa mahasiswa asing dari berbagai dunia datang ke Indonesia untuk melakukan project sosial di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Jember.

Masih kata Fian sapaan akrabnya, disamping untuk melakukan project sosial di daerah – daerah Indonesia, para mahasiswa asing tersebut juga mengenalkan kebudayaan mereka ke masyarakat Indonesia, begitupula sebaliknya, dimana masyarakat Indonesia juga mengenalkan budaya Indonesia kepada para mahasiwa asing.

“Untuk mewadahi pertukaran kebudayaan tersebut maka AIESEC mengadakan sebuah event yang bernama Global Village,” ujarnya.

Menurut mahasiswi Keperawatan ini Global Village adalah sebuah platform yang dapat digunakan mahasiswa asing dan warna jember untuk saling bertukar kebudayaan masing – masing. Disamping itu terdapat juga penampilan penampilan dari para mahsiswa asing dan kebudayaan Indonesia.

“Di jember sendiri acara ini merupakan yang keempat kalinya, untuk memeriahkan Global Village tahun ini AIESEC bekerjasama dengan salah satu mall terbesar di Jember yaitu Lippo Plaza Mall,” katanya.

Selain tempat Global Village yang akan menggunakan mall ternama di Jember Fian mengatakan Global Village tahun ini juga akan dihadiri oleh 13 (tiga belas) Exchange Participant dari 7 negara yang berbeda seperti, Mesir, Spanyol, Algeria, China, Malaysia, Austria, dan juga Ceko.

“Dalam acara ini para mahasiswa asing telah menyiapkan pakaian, makanan, dan barang – barang khas dari Negara mereka yang bisa dinikmati melalui stand – stand per-negara,” jelasnya.

“Salah satu rangkaian acara dalam Global Village tahun ini adalah pagelaran karawitan yang akan dilakukan oleh para mahasiswa asing yang akan berkolaborasi dengan UKM Kesenian Universitas Jember,” imbuhnya.

Lebih lanjut Fian menerangkan bahwa Global Village sendiri bertujuan untuk merayakan perbedaan, multikulturalisme, dan toleransi secara global. Melalui aktivitas cultural – understanding dapat terjadi bila dilakukan dengan pikiran yang terbuka dan keinginan untuk mempelajari budaya baru dan menambah wawasan dan pengalaman masyarakat Jember.

“Pelaksanaan dari Global Village akan dilksanakan pada hari Kamis tanggal 23 Agustus 2018 dari jam 11.00-20.00 WIB bertempat di Lippo Mall Jember,” pungkasnya. (mam)