BONDOWOSO – Sebanyak 699 jemaah calon haji (JCH) asal Bondowoso mengikuti Manasik Haji massal yang digelar oleh Kemenag Bondowoso di Aula Hotel Palm,Jumat (14/7).

Dalam kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Syamsul Bahri mengatakan bahwa manasik haji ini merupakan rangkaian proses awal dari persiapan JCH asal Bondowoso. Di mana JCH ini dibekali konsep-konsep teori tentang haji, serta sikap-sikap yang harus dilengkapi oleh masing-masing JCH.

Tentunya melalui manasik ini diharapkan JCH nantinya benar-benar bisa memahami bagaimana ritualitas pelaksanaan haji tersebut. Terlebih, kata Syamsul Bahri, JCH yang berangkat ini bukan hanya datang ke Mekkah tapi menjadi tamu-tamu Allah SWT.

“Maka harus ditanamkan betul pertama niat berhajinya, kedua ditanamkan betul dalam rangka mendapatkan ridhonya Allah, dan tidak kalah pentingnya adalah menghiasi haji dengan akhlakul karimah,” jelasnya.

Sementara itu, data diperoleh dari Kasi Haji Kemenag Bondowoso Yunus, bahwa  jemaah calon haji yang akan berangkat sebanyak 699 orang, ditambah empat orang TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah), sehingga totalnya 703. Nanti, calon haji ini akan berangkat tanggal 5 Agustus 2018 menuju Asrama haji. “Nanti JCH ini akan berangkat dari Jalan Kartini menaiki 16 bus. Satu busnya diisi 45 orang,” jelasnya. (och)