Share

SITUBONDO – 62 guru di Situbondo menjadi peserta Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan ke-5 Bagian Mitra Wilayah Jawa Timur, Senin (19/12/2022). Acara tersebut berlangsung di SMP Negeri 1 Situbondo.

Dalam sambutannya, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyampaikan, guru penggerak harus mampu mendorong pembelajaran murid secara holistik dan aktif.

“Serta harus menjadi leading sektor bagi guru-guru yang lain agar mengimplementasikan pembelajaran yang berbasis pada siswa,” ujarnya.

Menurut Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini, guru penggerak juga harus berperan aktif dalam proses pembelajaran di sekolah.

“Lebih-lebih yang berkaitan dengan kurikulum merdeka belajar,” tambahnya.

Baca Juga : Dimeriahkan Anji, Launching 10 Km Jalan di Merak Situbondo Berlangsung Meriah

Lebih lanjut, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengungkapkan, kurikulum merdeka belajar lebih mudah diterapkan, karena proses pembelajaran disesuaikan dengan lingkungan sekolah.

“Dan proses pembelajaran juga berpusat kepada siswa,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadispendikbud) Situbondo, Siti Aisyah, menjelaskan nanti para peserta akan mengikuti PGP selama enam bulan ke depan.

“Acaranya diikuti secara daring. Adapun pesertanya tediri dari guru TK 6 orang, SD 20 orang, SMP 14 orang, SMA 9 orang dan SMK 13 orang. Jadi total 62 guru,” bebernya. (Ozi)