Share

 

BONDOWOSO – Jumlah desa penerima Jalin Matra 2018 (Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera) dari Pemprov Jatim bertambah menjadi 55 desa di 16 kecamatan di Bondowoso. Dengan jumlah desa itu, total anggaran yang akan digelontorkan mencapai Rp 6,85 milliar. Adapun anggaran Jalin Matra 2018 ini ditargetkan akan cair pada Agustus.

Jumlah ini meningkat tajam daripada tahun-tahun sebelumnya. Pada 2015 jumlah desa penerima jalin matra yakni 12 desa, dengan anggaran yang digelontorkan sekitar Rp 2,046 milliar. Kemudian tahun 2016 jumlah desanya yakni 10 dengan anggaran sekitar Rp 1,8 milliar, pada 2017 yakni 44 desa dengan anggaran sekitar Rp 5,7 milliar.

Susanti, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, dalam paparannya di Sosialisasi Jalin Matra di Aula Sabha Bina, Selasa (24/4), menguraikan bahwa bantuan jalin matra ini kemudian di-break down menjadi tiga program bantuan. Di antaranya RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin), PFK (Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan), serta PK2 (Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan).

Dari tiga jenis bantuan Jalin matra ini memiliki target jumlah penerima yang berbeda-beda. Namun dipastikan desa-desa yang menerima setiap tahunnya berbeda.

Ia menguraikan bahwa program Jalin matra ini merupakan salah satu upaya Pemprov Jatim dalam menanggulangi kemiskinan. Walau pun sebenarnya untuk menekan kemiskinan itu tidak hanya berfokus dari jalin matra, melainkan juga ada program lain seperti bedah rumah, raskin, dan lain-lain.

“Kalau itu dihitung spesifik (dari Jalin Matra) itu kan tidak bisa. Kontribusinya kan macam-macam, ada juga dari rastra, ada juga bedah rumah,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten 2 Pemkab Bondowoso, Agus Suwardjito, mengatakan, bantuan jalin matra ini sekaligus juga bertujuan untuk mengurangi kemiskinan, penganggurangan, serta kesenjangan antara desa dan kota, maupun disparitas antara si kaya dan miskin. Adapun angka kemiskinan di Bondowoso, kata Agus, menurun ke 14 persen.

“Ini di antaranya juga karena program-program seperti ini,” ujarnya.

Untuk rincian jumlah RTS (Rumah Tangga Sasaran) penerima program Jalin matra pada 2018 yakni, Bantuan RTSM untuk 14 desa dengan jumlah rumah tangga 1.130. Kemudian bantuan program PFK yakni untuk 1.110 rumah tangga sasaran yang tersebar di 38 desa. Terakhir yakni bantuan PK2 untuk lima desa.

Dalam acara sosialisasi itu dihadiri oleh puluhan Kades, dan pendamping Jalin Matra tingkat kabupaten. Termasuk juga tampak Asisten 1 Pemkab Bondowoso Agung Tri Handono, Kepala Dinas PMD Bondowoso Abdurahman. (och)