Share

SITUBONDO – Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama (PC Muslimat NU) Kabupaten Situbondo melantik lima Pengurus Anak Cabang (PAC) Mulimat NU Kecamatan.

Pelantikan yang mengambil tema, ‘Muslimat Sebagai Pionir Perjuangan Tanpa Batas’ ini, berlangsung di Aula Kantor Nahdlatul Ulama di Jalan Madura Situbondo, Minggu (23/1/2022).

“Alhamdulillah, hari kemarin pelantikan PAC Muslimat NU sudah dilaksanakan di wilayah timur, hari ini dilakukan di wilayah tengah dan mudah mudahan pada tanggal 29 Januari 2022 mendatang pelantikan dilakukan di wilayah barat,” jelas Nyai Hj. Mas’udah Mu’iz, Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Situbondo.

Ia menyebut bahwa seharusnya pelantikan dilaksanakan pada tahun 2019 lalu. Berhubung pada saat itu awal pandemi Covid-19, maka pelantikan baru dilaksanakan sekarang. Namun, demikian, seluruh PAC Muslimat NU Kecamatan sudah melaksanakan program kerja.

Dengan dilantiknya PAC Muslimat NU Kecamatan ini diharapkan bisa meningkatkan etos kerja pengurus dalam melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam AD/ART Muslimat NU.

Terlebih, mereka yang dipilih sebagai pengurus Muslimat NU bukan semata-mata atas pilihan oleh pengurus ranting-rantng Muslimat NU. Namun karena Allah SWT.

“Oleh karena itu, mari kita bersama-sama melaksanakan amanah yang telah di berikan Allah SWT kepada kita semua,” tuturnya.

Ia menjelaskan organisasi Muslimat NU tidak di tunjang dengan APBD, namun dibiayai oleh kekompakan anggota.

Baca Juga : 300 PMI Pulang ke Bondowoso Sepanjang 2021, DPMPTSP Naker : Banyak yang Ingin Kembali Kerja

“Walaupun Muslimat NU tidak ditopang dengan ABPD, tapi Muslimat NU tetap bisa berjihad, tetap bisa berdakwah, melaksanakan program-program yang sudah diamanatkan oleh Kongres bahkan Konfrensi dan rahmat Allah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelantikan Muslimat NU wilayah tengah Habibah Rahmawati, M.Pd dalam sambutannya menjelaskan, bahwa tema diambil karena kaum hawa mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

“Jika, jiwa perjuangan tanpa batas dan ikhlas ini dimiliki seluruh kaum hawa, maka saya yakin akan lahir putra-putri generasi penerus bangsa yang bisa menjaga keutuhan NKRI ini. Dan suksesnya seorang suami tidak lepas dari dukungan dua kaum hawa, yakni dukungan istrinya dan dukungan ibu kandungnya,” ujarnya.

Adapun yang hadir menyaksikan pelantikan Pengurus Anak Cabang Muslimat NU Kecamatan Mangaran, Panji, Situbondo, Panarukan dan Kendit tersebut, antara lain Muspika Kecamatan Panji, Situbondo, Mangaran, Kendit, Panarukan, sekretaris PC NU Situbondo, perwakilan Fatayat NU, perwakilan GP Ansor dan tamu undangan lainnya.

Pelantikan PAC Muslimat NU Kecamatan Mangaran, Panji, Situbondo, Panarukan dan Kendit periode 2019-2024 ini, dilaksanakan oleh Nyai Hj. Mas’udah Mu’iz, S.P.di, Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Situbondo.(Her)