Share

SURABAYA – Gubernur Jatim H. Soekarwo mengumpulkan lima daerah yang capaian imunisasi measles rubella (MR) belum memenuhi target nasional sebesar 95 persen di Gedung Negara Grahadi, Rabu (27/9). Lima daerah tersebut, yaitu Kota Batu, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, dan Kabupaten Lumajang.

Data yang masuk di Unicef per 26 September 2017, capaian imunisasi Kota Batu masih sebesar 88,97 persen, Kabupaten Pamekasan sebesar 96,14 persen, Kabupaten Bangkalan 96,79 persen, Kabupaten Sumenep 93,44 persen, dan Kabupaten Lumajang sebesar 85,15 persen.

Gubernur Jatim H. Soekarwo mengatakan secara garis besar pelaksanaan imunisasi vaksin MR di Jawa Timur yang cukup menggembirakan, dengan prosentase capaian keseluruhan sebesar 103,06 persen. Prosentase tersebut terjadi karena target capaian beberapa daerah melebihi melebihi yang ditentukan. Misalnya Lumajang sudah menyanggupi untuk mencapai target sebesar 95 persen sebelum tanggal 30 September mendatang, tanggal terakhir imunisasi. Untuk empat daerah lainnya, telah disepakati tambahan waktu imunisasi selama 2 minggu berikutnya.

“Secara garis besar, Jatim sudah memenuhi target,” katanya.

Untuk merealisasikan target, diungkapkannya telah diperintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim untuk langsung terjun ke empat wilayah tersebut.

“Nantinya, imunisasi dipusatkan di Dinas Kesehatan setempat, dan dilakukan pantauan oleh tim secara bersama-sama untuk mengetahui perkembangannya,” ungkapnya.

 

Baca Juga : Pakde Karwo Ingatkan Pengembangan Agrobisnis

 

Selain membentuk tim, dia juga meminta kepada seluruh unsur, mulai kepala dinas kesehatan, dinas pendidikan, kanwil agama, MUI, Muhamadiyah, NU, fatayat, muslimat hingga babinsa dan Babikamtibmas di keempat kabupaten/kota ikut membantu pencapaian target tersebut.

“Pencapaian ini memiliki arti penting dalam memberikan sumbangan tumbuh kembang anak-anak sebagai generasi pengganti,” pungkas mantan Sekda Jatim ini.

Sementara itu, Direktur Unicef untuk Pulau Jawa, Arie Rukmantara menyampaikan rasa terima kasih dan bangganya atas pencapaian yang sudah dilaksanakan di Jawa Timur. Unicef akan memberikan penghargaan atas prestasi ini. Pasalnya, kampanye imunisasi vaksin MR di Jatim sudah memenuhi target secara nasional, bahkan lebih tinggi dibanding dengan provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia.

“Ini semua berkat dukungan Bapak Gubernur, media, tim yang ikut terlibat, serta dukungan seluruh pemangku kepentingan. Jawa Timur capaiannya terbaik,” katanya. (sga)