Share

BONDOWOSO – Ribuan calon haji cilik mengikuti simulasi manasik haji dalam Gebyar Manasik Haji Raudatul Atfal se-Kabupaten Bondowoso tahun 2017 di Alun-alun RBA Ki Ronggo, Senin (28/8/2017).

Kegiatan tahunan yang diprakarsai Departemen Agama dan Aliansi Guru Raudatul Atfal (IGRA) tersebut telah memasuki tahun keempat. Pada tahun ini terjadi peningkatan jumlah peserta yang cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Meningkatnya jumlah tersebut dikarenakan ada 62 siswa Taman Kanak-kanak yang juga terlibat. Sehingga jumlah peserta yang semula 3.213 menjadi 4.085. Jumlah tersebut termasuk guru pembimbing sebanyak 810 orang.

 

Baca Juga : Hasan : Ibadah Haji Harus Disertai Niat Istiqomah dan Sabar

“Untuk tahun ini jumlah pesertanya bertambah. Karena selain RA juga ada dari TK sehingga total keseluruhan 4.085,” papar Mufassir, Kasi Pendidikan Madrasah Depag Bondowoso.

Dari pantauan Memo Indonesia, para calon haji cilik yang didampingi oleh gurunya terlihat bergembira mengikuti simulasi tersebut.

Kepala Departemen Agama Bondowoso, Bustami, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut untuk memberikan gambaran manasik haji sejak dini agar kelak ketika mempunyai kesempatan untuk menunai kan rukun islam yang kelima itu bisa mengingatnya kembali. Lebih dari itu, Bustami berharap agar kegiatan tersebut menjadi sebuah stimulan yang dapat merangsang semangat keinginan untuk menghadap baitullah.

“Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan sejak kini kepada siswa. Agar mereka kelak ketika dipanggil baginda Rasulullah SAW bisa mengingatnya kembali. Lebih dari itu ini juga sebagai penyemangat agar di pikiran mereka tertanam semangat naik haji,” pungkasnya. (abr)