Share

SITUBONDO – Akhir dari prosesi Itsbat Massal yang diproses Pengadilan Agama Situbondo diprakasai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM MERAK) Kabupaten Situbondo diwarnai dengan arak-arakan becak. Selain itu, juga dilakukan penyerahan akta nikah dan foto bersama 143 paasangan Itsbat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kamis (25/5/2017).

Arak-arakan 143 pasangan Itsbat Massal yang menggunakan becak dan diiringi marcing band SMAN 1 Situbondo tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang menyaksikan dari Alun-Alun hingga sepanjang Jalan PB. Sudirman Situbondo. Sesampainya di Gedung Serbaguna Situbondo, 143 pasangan Itsbat Massal itu langsung disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Syaifullah.

Selain itu juga hadir Kapolres Situbondo AKBP. Sigit Dany Setiyono, Ketua DPRD Situbondo, Bashori Sonhaji, Majelis Hakim Pengadilan Agama Situbondo, Ketua MUI Situbondo KH. Syaiful Muhyi, Camat, Kepala KUA se Kabupaten Situbondo dan tamu undangan lainnya.

 

Baca Juga : Bupati Bondowoso: Epalakeh dan Epalakoh Ganggu Keberlangsungan Pendidikan

 

Ketua Panitia Itsbat Massal LPM MERAK Ismi Ifsantin dalam sambutannya mengatakan terselenggaranya Itsbat Massal yang dimotori LPM MERAK atas kerjasama yang baik antara Pengadilan Agama Situbondo, Pemkab, Kantor Urusan Agama dan camat serta kekompakan pengurus LPM MERAK yang bekerja tanpa pamrih.

“Alhamdullih berkat sinergitas itu, maka kami LPM MERAK bisa melaksanakan prosesi Itsbat Massal dengan baik tanpa adanya hambatan apa pun,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua LPM MERAK Kamarul Muniri di hadapan sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya sangat besyukur bisa melaksanakan Itsbat Massal kepada masyarakat miskin yang menjadi peserta Itsbat. “Dana yang kita gunakan untuk proses Itsbat Massal ini murni dana swadaya anggota. Tujuan kami melaksanakan Itsbat Massal bagi masyarakat miskin ini agar hak-hak mereka sebagai warga negara terakomudir,” ujar pria yang akrab dipanggil Arul.

 

Baca Juga : Bupati Ngajak Masyarakat Bersatu Membangun Lumajang

 

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi dengan LPM MERAK dalam proses Itsbat Massal tersebut. “LPM MERAK tak akan berdaya, apabila tak mendapat dukungan dari pihak-pihak yang terlibat dalam proses Itsbat Massal ini. Untuk itu, atas nama Ketua LPM MERAK saya ucapan terima kasih atas segala bantuannya sehingga proses Itsbat Massal ini berlangsung dengan baik,” pungkasnya.

Di lain pihak, Kapolres Situbondo AKBP. Sigit Dany Setiyono mengucapkan apresiasi terhadap LPM MERAK yang telah melaksanakan proses Itsbat Massal bagi masyarakat miskin. “Atas nama Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor Situbondo maupun atas nama pribadi, saya sampaikan apresiasi kepada LPM MERAK yang telah mengesahkan pernikahan pasangan secara hukum negara,” ujarnya (yud/esb)