Share

BONDOWOSO – Sebanyak 129 ASN (aparatur Sipil Negara) di lingkungan pemerintah Kabupaten Bondowoso naik pangkat. Mereka merupakan ASN yang berada di eselon II, III dan IV yang telah memiliki pendidikan terakhir Sarjana. Selain itu, beberapa di antaranya juga merupakan ASN tenaga fungsional guru dan dokter.

Bupati Amin Said Husni, di Upacara HKN (hari kesadaran Nasional), Senin (19/2) mengungkapkan, di BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Bondowoso telah membuat Simpek (Sistem Informasi Kepegawaian) yang mengkopilasi seluruh dokumen, berkas, serta catatan karir. Sehingga, melalui Simpek ini seluruh ASN di Bondowoso akan terrecord, kemudian secara otomatis akan memberikan informasi kenaikan pangkat.

“Sehingga tidak perlu lagi ASN ngurus bawa foto copy ini itu, karena mereka secara otomatis kenaikan pangkat secara langsung. Dan Kenaikan Pangkat itu Hak setiap ASN yang telah melalui jenjang karirinya secara baik,” ujar Bupati dua periode itu.

Lebih jauh, Bupati Amin Said Husni, mengharapkan agar kenaikan pangkat ini dijadikan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan pengabdian sebaik-baiknya bagi masayrakat.Tentu harapan lainnya yakni pengharagaan pemerintah dalam bentuk kenaikan pangkat ini dapat memacu kinerja dan peforma dalam memberikan pelayanan kepada masayrakat secara maksimal.

Baca Juga : Plt Sekda Bondowoso: Kajeb Harus Sadar wisata

“Kepada seluruh penerima SK kenaikan pangkat golongan empat, saya ucapkan selamat dan saya minta agar kenaikan pangkat ini dijadikan motivasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKD Bondowoso, Wawan Setiawan, mengungkapkan, setiap tahun kenaikan pangkat terhadap ASN ada dua periode, yakni April dan Oktober. Sedangkan, kenaikan pangkat kali ini merupakan kenaikan pangkat periode April, namun diserahkan pada Februari 2018.

“Sehingga dengan mendahului waktu seperti ini, dari sisi adminstrasi seperti ini lebih simpel. Mereka sudah tidak perlu lagi untuk gaji yang tertunda ya. Karena langsung secara otomatis setelah dapat mereka mengurus ke bagian keuangan secara sistem juga. Jadi April sudah pangkat yang baru,” jelasnya.

Pantauan di lapangan, setalah Apel Penyerahan Kenaikan Pangkat di Halaman pemkab, ratusan PNS menyerbu meja-meja yang sudah disediakan untuk mengambil SK masing-masing. Sedikitnya ada tiga meja yang melayani pengambilan SK. (och)