BONDOWOSO – Ketua tim pemenangan Dhafir – Dayat yang juga ketua DPRD Bondowoso Tohari memberikan satu truk bambu kepada sejumlah perajin bernyik (rantang ikan) di desa Wringin Kecamatan Wringin. Bantuan tersebut diberikan langsung, Minggu (15/4).

Tohari menjelaskan, bantuan tersebut diberikan setelah sebelumnya kunjungan ke rumah salah seorang temannya di desa Wringin. Kemudian, di sana terjadi dialog dengan pengrajin bernyit. Mereka, kata Tohari, mengaku bahwa selama ini bahan baku bernyit yang berupa bambu itu didapat dengan menghutang terlebih dulu. Setelah hasil produksi bernyit laku, barulah mereka membayar bambu tersebut.

“Jadi ngutang dulu. Nanti kalau sudah laku baru bayar,” jelas pria yang juga sekretaris DPC PKB Bondowoso ini.

Tohari mengatakan bahwa bantuan yang ia berikan tidaklah seberapa. Namun demikian, Ia tetap berharap agar bantuan tersebut setidaknya bisa meringankan.

“Saya tadi ngantarkan satu truk bambu untuk dikelola bersama paling tidak minggu ini mereka sudah punya modal bambu,” ujarnya.

Tohari menambahkan bahwa pihaknya akan menfasilitasi kebutuhan alat perajin bernyit. Karena, menurut pengakuan warga yang disampikan kepadanya, alat yang digunakan oleh perajin masih banyak yang sewa. (och)